Membuat
surat lamaran kerja tidak boleh asal-asalan jika anda ingin diterima
bekerja di tempat yang anda harapkan, karena kebanyakan perusahaan mulai
menilai calon karyawannya dari tulisan pada surat lamaran.
Berikut ini kami sajikan beberapa tips membuat surat lamaran kerja yang Insya Allah bermanfaat dan berhasil:
1. Utamakan Sopan santun
Dalam menulis surat utamakan sopan santun yang mencerminkan bahwa anda memang orang yang sopan dan berkepribadian baik.
2. Sesuai EYD
Tulislah surat dengan menggunakan Ejaan yang telah disempurnakan, itu akan menjadi nilai plus bagi anda.
3. Tunjukkan Kemampuan
Tunjukkan
kemampuan dan keahlian anda di bidang ini atau itu, tapi jangan
terkesan sombong. Anda tidak bisa berharap banyak jika tulisan anda
mencerminkan kesombongan.
4. Tulis tangan
Saya
setuju jika anda menulis surat lamaran kerja dengan komputer, tapi ada
kawan saya yang sudah sangat berpengalaman menyarankan agar pelamar
menulis surat dengan tangan, karena tulisan tangan mencerminkan
kepribadian anda. Tulislah dengan rapi dan benar.
5. Lengkap
Lengkap berarti seluruh persyaratan yang diminta oleh
perusahaan tempat dimana Anda melamar kerja sudah terpenuhi. Biasanya
surat lamaran kerja disertai dengan foto copy ijasah terakhir, Pas Photo, foto copy sertifikat, foto copy bukti pengalaman
kerja, daftar riwayat hidup/CV, dan sebagainya.
6. Perhatikan Paragraf Pertama & Terakhir
Pastikan paragraf awal tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok
bahasan. Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual. Sementara di
paragraf terakhir harus terlihat tegas dan meminta pihak perusahaan menghubungi jika berkenan. Paragraf terakhir tidak boleh
mengambang, terlihat tak peduli atau terlalu berharap dengan cara yang
buruk.
Contoh Surat lamaran Kerja
Banda Aceh, 20 Juni 2013
Kepada Yth: HRD Manager PT. Homhai, Tbk.
Jl. Jendral Sudirman no 43
Banda Aceh
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Homhai yang termuat
di harian Serambi Indonesia tanggal 6 Agustus 2013. Saya
mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Homhai.
Data singkat saya, seperti berikut ini:
Nama : ......................................
Tempat, tgl. lahir : ........................
Pendidikan Akhir : ..........................
Alamat : ....................................
Telepon (HP) : ..............................
e-mail : ....................................
Status Perkawinan : .........................
Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa
Inggris dengan baik aktif maupun pasif. Latar belakang pendidikan saya
sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang
baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama
mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Word, Excel, Acces,
PowerPoint, OutLook dan beberapa software kantor lainnya. Saya juga
mempunyai sertifikat internet dari Google inc.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
4. Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan
kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih
terperinci tentang potensi yang saya miliki.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,
Muzhaffaruddin
Itulah 6 Tips dari kami tentang cara menulis Surat lamaran kerja, semoga bermanfaat. dan jangan lupa memulai dengan basmalah.
Related Posts :