Membuat
 surat lamaran kerja tidak boleh asal-asalan jika anda ingin diterima 
bekerja di tempat yang anda harapkan, karena kebanyakan perusahaan mulai
 menilai calon karyawannya dari tulisan pada surat lamaran. 
Berikut ini kami sajikan beberapa tips membuat surat lamaran kerja yang Insya Allah bermanfaat dan berhasil:
1. Utamakan Sopan santun
Dalam menulis surat utamakan sopan santun yang mencerminkan bahwa anda memang orang yang sopan dan berkepribadian baik.
2. Sesuai EYD
Tulislah surat dengan menggunakan Ejaan yang telah disempurnakan, itu akan menjadi nilai plus bagi anda.
3. Tunjukkan Kemampuan
Tunjukkan
 kemampuan dan keahlian anda di bidang ini atau itu, tapi jangan 
terkesan sombong. Anda tidak bisa berharap banyak jika tulisan anda 
mencerminkan kesombongan.
4. Tulis tangan
Saya
 setuju jika anda menulis surat lamaran kerja dengan komputer, tapi ada 
kawan saya yang sudah sangat berpengalaman menyarankan agar pelamar 
menulis surat dengan tangan, karena tulisan tangan mencerminkan 
kepribadian anda. Tulislah dengan rapi dan benar.
5. Lengkap
Lengkap berarti seluruh persyaratan yang diminta oleh 
perusahaan tempat dimana Anda melamar kerja sudah terpenuhi. Biasanya 
surat lamaran kerja disertai dengan foto copy ijasah terakhir, Pas Photo, foto copy sertifikat, foto copy bukti pengalaman 
kerja, daftar riwayat hidup/CV, dan sebagainya.
6. Perhatikan Paragraf Pertama & Terakhir
Pastikan paragraf awal tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok
 bahasan. Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual. Sementara di 
paragraf terakhir harus terlihat tegas dan meminta pihak perusahaan menghubungi jika berkenan. Paragraf terakhir tidak boleh 
mengambang, terlihat tak peduli atau terlalu berharap dengan cara yang 
buruk.
Contoh Surat lamaran Kerja
Banda Aceh, 20 Juni 2013
 Kepada Yth: HRD Manager PT. Homhai, Tbk.
Jl. Jendral Sudirman no 43
Banda Aceh
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Homhai yang termuat 
di harian Serambi Indonesia tanggal 6 Agustus 2013. Saya 
mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Homhai. 
Data singkat saya, seperti berikut ini:
Nama : ......................................
Tempat, tgl. lahir : ........................
Pendidikan Akhir : ..........................
Alamat : ....................................
Telepon (HP) : ..............................
e-mail : ....................................
Status Perkawinan : ......................... 
Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa 
Inggris dengan baik aktif maupun pasif. Latar belakang pendidikan saya 
sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang 
baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama 
mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Word, Excel, Acces, 
PowerPoint, OutLook dan beberapa software kantor lainnya. Saya juga 
mempunyai sertifikat internet dari Google inc. 
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
4. Pas foto terbaru. 
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan 
kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih 
terperinci tentang potensi yang saya miliki. 
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. 
Hormat saya,
Muzhaffaruddin 
 
Itulah 6 Tips dari kami tentang cara menulis Surat lamaran kerja, semoga bermanfaat. dan jangan lupa memulai dengan basmalah.
 
Title : 6 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Beserta Contohnya
Description :     Membuat  surat lamaran kerja tidak boleh asal-asalan jika anda ingin diterima  bekerja di tempat yang anda harapkan, karena kebanyakan p...